News Update :
Home » » Bor

Bor

Penulis : Pelatihan Kayu on Jumat, 13 Januari 2012 | 08.46

MATA BOR SPIRAL SENTER ( BOR PEN BULAT )
Ujung sebuah mata bor spiral dilengkapi dengan pucuk senter, dan dua buah taji pemotong serat. Mata bor jenis ini digunakan untuk membor lubang pen bulat pada kayu massif dengan mesin.

BOR PEN BULAT ( BENTUK LEVIN )
Bor pen bulat ini hanya memiliki sebuah taji pemotong awal, sebuah pisau, dan sebuah ujung runcing yang berbeda di tengah. Jenis mata bor ini sangat baik untuk digunakan dalam pembuatan lubang bor melintang serat kayu.

MATA BOR PEN BULAT DENGAN UJUNG BAJA KERAS TEMPEL
Untuk pengerjaan papan lembaran atau lembaran sintetik, sebaiknya kita selalu menggunakan mata bor pen bulat dengan ujung baja keras temple. Mata bor jenis ini, memiliki 2 buah taji pemotong, sebuah ujung senter.

MATA BOR PELUBANG DALAM DENGAN PEMOTONG TATAL ( BOR SAYAP )
Untuk membor lubang pen yang dalam, kita gunakan mata bor pelubang dalam. Mata bor pelubang dalam tidak memiliki taji pemotong awal maupun ujung senter. Karena itu, mata bor ini harus dipasang pada mesin bor.mata bor pelubang dalam dengan dan tanpa ulir mempunyai takikan-takikan pada sisi irisnya yang berguna untuk memotong/ mematahkan tatal. Dengan cara ini tahanan bor dikurangi; juga ulir yang lemah memungkinkan pendorongan yang lebih baik dan hasil pemboran yang lebih bersih.

MATA BOR MESIN YANG DAPAT DISETEL (verstelboor, bor verstel)
Bor verstel dilengkapi dengan sebuah ujung senter, taji pemotong awal dan pisau yang dapat disetel. Tergantung pada lubang bor dan ukuran pisau, maka besar lubang yang dapat dibuat berukuran garis tengah 22 – 28 mm. pisau yang dapat digeser dipasang pada batang bor dengan sebuah sekrup. Bor mesin yang dapat disetel ini, juga ada yang berujung baja keras tempel.

MATA BOR PENAMBAL
Mata bor penambal digunakan untuk membuat kayu penambal lubang dengan ukuran tertentu. Pen penambal harus tepat masuk ke dalam lubang bor yang dibuat dengan bor pelubang poros (bor Forstner).

MATA BOR FORSTNER
Bagian dalam dinding kepala silinder diasah dan berfungsi sebagai pemotong awal dan pendorong. Mata bor Forstner ini ditarik pada tepi pemotong awalnya. Jenis mata bor ini terutama digunakan untuk mengeluarkan mata kayu.

MATA BOR BAHAN SINTETIK DENGAN UJUNG BAJA KERAS TEMPEL
Mata bor bahan sintetik dengan baja keras temple paling sesuai digunakan dalam mengerjakan lembaran-lembaran sintetik (formika, tacon). Mata bor jenis ini dilengkapi dengan dua pisau baja keras, dua pemotong awal dan sebuah jarum senter

MATA BOR ZOBO
Mata bor zobo memiliki senter yang dapat disetel dan diganti. Dengan senter yang menyembul jauh keluar, mata bor dapat disetel miring pada benda kerja dengan sudut 45°. Dengan senter dipasang mundur, mata bor ini dapat digunakan untuk membuat lubang sampai hampir tembus ke sisi yang lain. Pada bor ini, dapat dipasangkan batang pengurang ataupun batang penambah. Karena itu, fungsi mata bor dapat kita tingkatkan. Dengan melepaskan senter bor, maka kedua pemotong dapat  kita asah sampai ke pusat dengan mudah.

MATA BOR SPIRAL ( BOR LOGAM )
Mata bor spiral memiliki mata iris yang diasah miring seperti atap, dan terutama digunakan untuk membor bahan dari logam. Pada pengerjaan logam, mata bor, ini hanya boleh digunakan dengan kecepatan rendah. Mata bor spiral sebaiknya dipasang pada mesin bor dengan kecepatan yang dapat diatur. Dalam perusahaan pengerjaan kayu, bor spiral digunakan untuk membor awal lubang-lubang sekrup.

MATA BOR BETON
Mata bor beton dengan ujung tanpa baja keras digunakan untuk membuat lubang pada dinding beton ataupun dinding batu dan dipasang pada bor tangan listrik ( pestol ). Mata bor beton diproduksi dalam berbagai mutu, sesuai dengan kegunaannya. Mata bor ini mempunyai 2 mata iris logam keras, dua alur berbentuk spiral dengan batang yang panjang ataupun pendek, yang berbentuk silinder.

MATA GERGAJI BERBENTUK GENTA
Dengan besar daun gergaji yang berbeda, maka dengan alat ini, dapatlah dilakukan pemotongan bentuk lingkar ataupun cincin. Dalam bidang bangunan, gergaji genta digunakan untuk membuat lubang guna pemasangan stop-kontak. Mata bor spiral berguna sebagai senter bor.





PEMINGUL PEN BULAT
Bila kita melakukan sendiri pemotongan pen bulat sesuai dengan kebutuhan, maka kedua ujung pen bulat harus dipingul dengan pemingul pen bulat yang dipasang pada mesin bor atau engkol.

MATA BOR BENAM ( VERSINK )
Mata bor jenis ini juga disebut mata bor versink atau kepala ikal, dan sangat sesuai digunakan dalam pengerjaan kayu atau logam lunak. Gunanya untuk membuat lubang bor bentuk kerucut, agar kepala sekrup dapat masuk rata dengan permukaan benda kerja ( 90° ).

ALAT PENGATUR KEDALAMAN LUBANG
Alat ini memungkinkan kita mengatur kedalaman lubang bor, dan dilengkapi dengan lager yang kedap debu. Bila lager itu menyentuh benda kerja, ia tidak akan dapat berputar lagi.






ENGKOL BOR
Pada engkol bor, dapat dipasang mata bor, mata bor benam dan obeng yang memiliki batang ( puting ) yang bersegi empat. Engkol dilengkapi dengan sebuah selubung cekam dengan 2, 3, ataupun 4 rahang dan roda gigi otomatik. Engkol bor dengan roda gigi otomatik dapat digunakan untuk membor pada tempat-tempat yang hanya memungkinkan pemutaran engkol ½ lingkaran.
Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Pelatihan Kayu . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger