News Update :
Home » » Patar dan Kikir

Patar dan Kikir

Penulis : Pelatihan Kayu on Selasa, 10 Januari 2012 | 14.05

Patar adalah alat pengerjaan kayu yang terbuat dari baja yang dikeraskan. Patar jenis ini terdapat dalam bermacam-macam ukuran, bentuk penampang serta jenis permukaannya. Patar hanya digunakan bilamana pengerjaan dengan mesin atau dengan ketam tak dapat dilakukan lagi. Patar sangat berguna untuk pembuangan kayu dengan cepat dan penghalus benda kerja yang berbentuk lengkung dan berprofil.

Ukuran celah patar
Berbeda dengan kikir, patar kayu tiap gigi dibentuk secara terpisah dan menyembul keluar. Dalam pengerjaan kayu ada beberapa jenis celah patar:
No. 1  kasar
No. 2  sedang
No. 3  halus
No. 4  amat halus

Bentuk penampang
Bentuk penampang patar yang paling umum adalah:
Patar setengah lingkaran
Patar tembereng (cembung-datar)
Patar bulat




Pegangan patar dan pegangan kikir kayu
Patar maupun kikir dapat diberi pegangan dari kayu maupun dari bahan sintetik. Ukuran pegangan disesuaikan dengan besar bilah patar atau kikir. Patar dan kikir yang berpegangan kayu, harus dilengkapi dengan cincin pegangan logam untuk mencegah terbelahnya pegangan kayu itu. Puting patar harus tepat sekali masuk ke pegangan. Maka pada pegangan, dibor dulu lubang yang besar dan bentuknya sama dengan putting patar. Patar yang putingnya tidak seluruhnya masuk ke dalam pegangan, akan mudah terlepas. Pemasangan pegangan yang miring, tidak memungkinkan pengerjaan yang tepat. Poros pegangan dan poros putting harus segaris.


Kikir

Kikir yang kita gunakan dalam pengerjaan kayu memiliki mata kikir yang miring. Mata kikir itu berbeda, sesuai dengan kegunaannya. Kikir kita gunakan dalam pengerjaan kayu atau logam, untuk mengasah alat-alat (perkakas), dan juga untuk membersihkan/menghaluskan bahan-bahan sintetik. Pembagian mata kikir atas bisa sama dengan pembagian mata kikir bawah. Tetapi dapat juga yang atas lebih kasar dari yang bawah. Ini tergantung pada kegunaan kikir itu. Kikir yang halus meminta lebih banyak tenaga, hasilnya lebih halus tetapi lebih mudah tersumbat oleh serbuk kayu. Kikir bermata ganda (bawah dan atas) tidak mudah tersumbat dan lebih sesuai bila kita gunakan untuk pengerjaan yang kasar.

Ukuran mata kikir
Pada kikir terdapat beberapa ukuran mata kikir:
No. 0  sangat kasar
No. 1  kasar
No. 2  setengah kasar
No. 3  sedang
No. 4  halus
No. 5  amat halus



Kikir datar

Kikir datar miring
Kikir segiempat
Kikir segitiga
Kikir setengah lingkaran
Kikir bulat


Daun kikir harus berada di dalam pegangan kikir dengan tepat dan hendaknya dipukul sedikit agar terpasang erat. Memasang kikir dengan pembakaran tidak baik karena kayu hangus tidak menjamin jepitan yang erat. Pegangan kikir secara teratur harus dipukul sedikit agar kencang lagi. Pegangan yang terbuat dari bahan sintetik, harus dipanaskan dalam air panas. Dengan begitu putting kikir dapat ditekan masuk ke dalam pegangan kikir.

Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Pelatihan Kayu . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger