News Update :
Home » » Lem

Lem

Penulis : Pelatihan Kayu on Selasa, 07 Februari 2012 | 08.49

Tempat Lem
Untuk mengisinya, tabung digulingkan sedikit ke belakang. Setelah digunakan, kuas perekat diletakkan tegak pada tempatnya. Tutup plastic menutup tempat lem ini dengan rapat. Bila tutup terlalu lama terbuka, lem di dalam tabung akan mengering dan tidak cukup cair untuk digunakan. Oleh sebab itu, tempat lem ini harus digulingkan hanya sejenak waktu diisi dan segera dikembalikan pada posisi semula.


Botol Semprot Lem
Alat semprot lem semacam ini dengan putingnya ( ujung ) yang bisa diganti, banyak digunakan. Pada botol dari bahan sintetik, dapat kita pasangkan ujung penyemprot dengan bentuk yang berbeda-beda.




Alat Lem Lamello
Alat lem ini terutama digunakan dalam pengeleman sambungan lamello. Lubang ujung penyemprot lem berbentuk sedemikian rupa, sehingga perekat keluar secara bersamaan dari kedua sisinya. Dengan cara ini, bagian atas sisi alur dioles sekaligus dengan lem pada satu gerak kerja. Setelah penggunaan, botol lem diletakkan terjungkit pada tempatnya yang khusus. Botol lem akan tertutup rapat dan perekat tak dapat mongering. Agar ujung penyemprot itu tidak mengeras, maka botol lem lamello selalu membutuhkan beberapa tetes air dalam tempat penyimpanannya yang harus selalu dalam keadaan lembab.


Alat Pengoles pada Sisi Kayu
Dengan tekanan halus, potongan kayu didorong di atas sebuah silinder bergerigi. Dengan system ini, pengolesan lem pada sisi kayu akan terjadi dengan merata. Penghantar siku digunakan apabila harus dilakukan pengeleman sisi kayu yang panjang. Pada benda kerja yang bersisi lebar, pengantar siku berguna untuk menghindarkan pengolesan yang tidak merata. Pada waktu pengisian lem, maka dua pertiga dari rol bagian bawah yang licin harus terendam lem. Bagian antara tutup dan tabung harus selalu bebas lem. Bila sedang tidak digunakan, kotak harus segera ditutup.


Rol Pengoles pada Bidang Lem
Untuk pengolesan lem, terutama lem putih atau lem finir, rol pengoles ini merupakan alat bantu yang sangat praktis. Alat ini dilengkapi dengan rol karet busa berpori halus ataupun kasar, atau dengan karet busa yang licin dan tidak berpori, kesemuanya harus tahan asam atau bahan pengencer. Oleh sebab itu, alat ini dapat digunakan untuk mengoleskan lem dengan rata. Penggunaan sengkang yang terpasang pada tabung lem mengatur aliran lem dan pemerataan lem. Sehabis digunakan, maka baik tabung lem maupun rol pengoles lem harus dibersihkan dengan baik.


Sekrap Pengoles
Sekrap pengoles lem terbuat dari bahan sintetik ataupun aluminium, dan dapat digunakan pada kedua sisinya yang bergerigi halus atau kasar. Tegak dan gerak sekrap lem yang benar, menjamin pengolesan lem yang rata dan cepat. Setelah digunakan, sekrap pengoles le mini harus dibersihkan dengan baik, dan di antara gergaji sekrap tidak boleh tertinggal sisa-sisa lem.




Rol Tekan
Rol ini dilapis dengan karet keras dan digunakan untuk menekan lembaran sintetik pada pengeleman dengan lem kontak.
Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Pelatihan Kayu . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger